Sunday, February 9, 2014

Awas Gigi Sensitif

Awas Gigi Sensitif

Jika gigi Anda merasakan ngilu saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas , dingin, atau asam, maka ada kemungkinan Anda mempunyai gigi sensitif. Menurut hasil riset dari IPSOS Indonesia Toothpaste Benchmark Tracking Report, di Indonesia ada 45% populasi yang terkena gigi sensitif. Mayoritas Penderita adalah pria dan wanita berumur 20-45 tahun.

Penyebab gigi sensitif adalah lapisan luar gigi (email) yang terkikis sehingga membuat lapisan dalam (dentin) gigi menjadi terekspos. Dentin adalah lapisan gigi sensitif dengan lubang berbentuk tabung mikroskopik dan berhubungan langsung ke syaraf gigi. Tabung yang berisi cairan akan bergerak dan jika tersentuh syarafnya akan menimbulkan rasa ngilu.

Gigi sensitif bisa disebabkan penurunan gusi sehingga bagian leher gigi akan bersentuhan
langsung dengan makanan

Email gigi bisa terkikis karena kebiasaan mengkonsumsi bahan makanan atau minuman asam serta kebiasaan yang salah saat menyikat gigi. KIta sering beranggapan bahwa ketika menyikat gigi harus menggunakan bulu sikat kasar dengan tekanan kuat agar gigi menjadi  lebih bersih. Padahal hal ini yang akan membuat email gigi menjadi mudah terkikis.

Selain itu ada tren pemutihan gigi yang menggunakan bahan hydrogen peroxide dan carbamide hydroxide. Kedua bahan ini membuat email mudah terkikis sehingga menyebabkan gigi sensitif.

Gigi sensitif membuat kita merasa tidak nyaman karena kita tidak bisa menikmati beberapa jenis makanan seperti es krim, bakso/ soto dengan kuah panas, bahkan kue dan cokelat yang berasa manis

Gigi sensitif perlu mendapat perawatan khusus. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengurani bahan makanan asam dan merubah kebiasaan saat menyikat gigi. Selalu pergunakan sikat gigi dengan bahan bulu lembut dan menyikat secaa perlahan dengan gerakan memutar.

Silahkan dicoba ...

1 comment: