Saturday, February 15, 2014

Awas Waspada Hemofilia

Awas Waspada Hemofilia

Penderita Hemofilia biasanya akan mengalami pendarahan saat terluka atau cabut gigi. Penyakit kelainan pembekuan darah terjadi karena kekurangan faktor VIII atau IX dalam gen manusia. Faktor ini menyebabkan darah mengalami kesulitan membeku sehingga terus mengalir saat bagian tubuh terluka. Hemofilia akan berakibat fatal saat penderita akan kekurangan darah yang mengakibatkan kematian.

Kadar faktor pembeku darah pada orang sehat di angka 50% - 70% tetapi penderita hemofilia hanya mempunyai kadar faktor pembeku darah di angka 1% -  5% bahkan pada kasus hemofilia berat si penderita mempunyai angka kadar faktor pembeku darah di bawah 1%.sehingga penderita hemofilia berat sering mendapat pendarahan secara tiba-tiba walaupun tidak terluka.

Area siku dan lutut pada bagian sendi dan otot sering mengalami pendarahan.

Apa penyebab hemofilia?

Pasien hemofilia mempunyai gen bawaan dari orang tuanya sekitar 70%, sehingga hemofilia disebut penyakit genetik atau bawaan. Penyakit hemofilia tidak menular. Ada sekitar 30% penderita yang mengalami mutasi genetik saat dalam kandungan. Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab mutasi genetik tersebut.

Saat ini diketahui ada sekitar 1200 pasien hemofilia di Indonesia tetapi angka ini belum mencakup seluruh penderita hemofilia di Indonesia. Diperkirakan ada sekitar 20.000 - 25.000 penderita hemofilia di Indonesia.

No comments:

Post a Comment