Sunday, February 2, 2014

Tips Kesehatan Pasca Banjir

Musim hujan adalah ancaman bagi sebagian daerah dataran rendah yang rawan banjir. Air yang melimpah akan menggenangi beberapa kawasan termasuk area perumahan. Mungkin saja, banjir yang datang memerlukan waktu berhari-hari sebelum airnya surut mengalir ke daerah lain yang lebih rendah posisinya atau terserap ke dalam tanah.

Jika kebetulan area tempat tinggal anda terkena banjir maka ada beberapa  hal yang sebaiknya anda diperhatikan ketika akan membersihkan lingkungan rumah yang sekian waktu direndam air banjir yang kotor.

Anda harus memperhatikan faktor Kebersihan karena air kotor
yang mengandung kuman penyakit merendam beberapa Perabot isi rumah.

Tips Kesehatan Pasca Banjir adalah :

1. Usahakan untuk mengenakan sarung tangan dan sepatu boot saat membersihkan area rumah karena air banjir yang kotor bisa membawa kuman penyakit , bakteri, dan virus.

2. Cuci tangan dan kaki yang terkena air kotor
secara berkala dengan sabun di air bersih yang mengalir.

3. Bahan makanan yang sudah terkena air banjir sebaiknya jangan dikonsumsi agar anda tidak menimbulkan terjadinya gangguan saluran pencernaan.

4. Sumber air bersih atau sumur yang terendam banjir biasanya sudah tercemar. Sebaiknya anda melakukan Koordinasi dengan petugas kesehatan di
Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat agar dilakukan proses penjernihan sumur

5. Jika anda memiliki obat-obatan persediaan di rumah maka harus diteliti apakah obat tersebut sudah terendam banjir atau belum. Obat cair mudah tercemar dan obat padat tergantung berapa lama waktu obat tersebut terendam air kotor. Lihat kemasan obat masih baik atau sudah rusak. Jika obat sudah tercemar sebaiknya dibuang dan jangan dikonsumsi.

6.
Cuci dengan air bersih dan sabun lalu dijemur sampai kering semua jenis Pakaian, karpet, busa kursi, kasur,  dan lain-lain yang terendam air banjir.

7. Selalu pergunakan Air bersih.

Demikian sedikit Tips Kesehatan Pasca Banjir
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment