Saturday, February 1, 2014

Okra, Dipercaya Bisa Mengatasi Diabetes

Okra, Dipercaya Bisa Mengatasi Diabetes


Penyakit diabetes menjadi salah satu momok bagi banyak orang karena hampir mustahil untuk disembuhkan. Saat ini ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa meringankan atau mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Okra adalah contoh tumbuhan yang dipercaya meringankan diabetes.

Okra (
Ablemoschus esculentus) atau Lady's finger ini banyak tumbuh di India dan Malaysia. Bentuk tumbuhan ini panjang dengan ujung mengerucut. Warga India dan Inggris percaya kalau sayuran okra bisa melawan diabetes sehingga penderita tidak lagi harus mendapatkan suntikan insulin atau mengkonsumsi obat.

Mengapa okra baik untuk penderita diabetes?

Boldsky , Sabtu (1/2/2014), menuliskan beberapa manfaat okra yaitu :

1. Mempunyai kadar indeks glikemik rendah

Pasien diabetes sangat disarankan mengonsumsi bahan makanan yang mempunyai kadar indeks glikemik (IG) rendah. Gula memiliki IG 100 yang menjadi patokan tertinggi sedangkan okra hanya memiliki IG 20 yang
tergolong rendah dalam standar medis.

Untuk diketahui, kadar gula darah tinggi akan memberi efek buruk bagi ginjal. Okra bermanfaat untuk menghindarkan penyakit ginjal. Seorang penderita diabetes disarankan mengonsumsi okra untuk mengendalikan kadar gula darah sekaligus menyehatkan ginjal.

2. Bisa Melawan penyakit ginjal

Penderita diabetes type 2 wajib waspada terhadap
ancaman kerusakan ginjal karena kadar gula darah yang tinggi akan merusak ginjal. Okra mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit ginjal sekaligus mengendalikan gula darah sehingga jika anda rutin mengkonsumsi okra bisa mengatasi diabetesi dan mendapatkan ginjal yang lebih sehat.

3. Sumber serat larut

Serat larut sangat baik bagi penderita diabetes karena berperan penting dalam proses pencernaan karbohidrat. Okra yang kaya serat larut bisa memperlambat proses pencernaan sehingga mengurangi efek karbohidrat yang akan menaikkan gula darah.

Cara mengolah okra untuk mengobati diabetes

Ingat, okra dalam kondisi mentah ternyata lebih ampuh untuk menurunkan gula darah dibandingkan dengan okra yang sudah dimasak.

1. Ambil 2 buah okra dan potong bagian ujungnya sehingga akan keluar Getah putih yang lengket. Getah ini yang memiliki fungsi untuk mengendalikan gula darah

2. Rendam potongan okra dalam  1 gelas air sebelum tidur. Jangan lupa menutupi gelas tersebut dengan piring atau tatakan.

3. Pagi hari saat bangun tidur, minumlah air rendaman okra tersebut.

Cara tradisional ini dipercaya bisa mengurangi kadar gula darah. Sebaiknya terapi ini rutin dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Jangan lupa untuk konsultasikan keluhan diabetes anda dengan dokter atau ahli kesehatan.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment